Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Gia Prasetya - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik blogger yang sudah banyak dibahas juga oleh blogger lainnya, yaitu Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools. Dalam pembahasan kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai Cara Mendaftarkan Google Webmaster Tools dengan mudah, sebenarnya cara ini sangat umum yang selalu digunakan oleh seorang blogger atau pengelola website yang sudah lama terjun kedunia blogging, namun sangat sulit untuk pemula.
Cara Daftar Google Webmaster Tools


Penting atau tidak sih blog baru didaftarkan ke Google Webmaster Tools ?

Dulu hingga sekarang saya sering kali mendengar pertanyaan dari teman - teman blogger di grup facebook mengenai penting atau tidak blog baru didaftarkan Google Webmaster Tools.
Menurut saya pribadi, ini sangat lah penting blog baru didaftarkan Google Webmaster Tools karena untuk mempercepat proses index blog kita di mesin pencarian Google, walaupun tidak di submit ke search console akan tetap terindex. Namum ada beberapa alasan yang perlu kalian ketahui.

  1. Artikel yang baru kita buat dan terbitkan mudah terindex karena Google punya robot yang bernama Google Bot untuk mengcrawl situs kita.
  2. Memantau dan menjaga kesehatan blog kita seperti memperbaiki atau menghapus halaman eror di mesin pencarian (404).
  3. Meng-index ulang artikel atau halaman yang sudah kita edit sebelumnya.
  4. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya.
Nah itulah alasan saya mengapa blog sangat penting untuk di daftarkan ke Google Webmaster Tools. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Tutorial Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

1. Langkah pertama, kunjungi situs Google Webmaster Tools.

2. Login menggunakan akun Gmail kamu.

3. Setelah login, kamu akan di jumpai halaman form pengisian url situs yang akan didaftarkan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Form Pengisian URL Situs
Bisa kita lihat gambar diatas terdapat 2 propeti :
  • Domain : Hanya perlu mengisi alamat blog tanpa http/https/www, karena itu semua sudah meliputinya dan memerlukan verifikasi DNS.
  • Awalan URL : Jika kamu memilih opsi ini maka yang perlu diisi URL dibawah protokol, cotohnya www.giaprasetya.com atau https://www.giaprasetya.com/.
4. Klik Terus, dan selamat blog terverifikasi dengan otomatis ( jika menggunakan platfrom blogger )


5. Langkah berikutnya, klik Buka Properti untuk menambahkan sitemap blog.

6. Klik menu Peta Situs -> Isi URL Sitemap -> Kirim.


Untuk URL sitemap kamu hanya perlu menambahkan /sitemap.xml . Contoh -> giaprasetya.com/sitemap.xml
Jika kurang jelas bisa lihat gambar dibawah ini.

Contoh sitemap yang berhasil disubmit


7. Selesai, sebenarnya sampai disini kita sudah berhasil mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools dengan menambahkan sitemap. Disini Google Bot akan akan memantau perkembangan situs blog kamu, seperti yang sudah katakan diatas.

Tutorial Tentang Google Webmaster Tools seperti cara submit artikel di Google Webmaster, cara menghapus atau memperbaiki url yang eror (404) dan lainnya akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan mengenai Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools. Jika kurang mengerti atau ada kesalahan dalam penulisan, silahkan berkomentar saja. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Gia Prasetya
Gia Prasetya Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop, dan hobi bermain game.

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools"